Kamis, 26 Januari 2012

Pentingnya Perawatan Berkala Pada Kendaraan ( Mobil dan Motor )

Tujuan Perawatan Berkala Pada Kendaraan ( Mobil dan Motor )
Sebuah kendaraan terdiri dari sejumlah besar part - part yang dapat menjadi aus, lemah atau berkarat sehingga menurunkan performa dari kendaraan, yang tergantung pada kondisi atau lamanya penggunaan. Part -part yang berperan dalam penurunan performa memerlukan perawatan berkala, oleh karena itu lakukan penyetelan atau penggantian untuk mempertahankan performa.
Dengan melaksanakan perawatan berkala, hal - hal berikut dapat terwujud :
1. Masalah yang lebih besar terhadap kendaraan di kemudian hari dapat  dihindari
2.  Kendaraan dapat dipelihara dalam kondisi yang memenuhi persyaratan peraturan yang ditetapkan
3. Kendaraan menjadi lebih awet
4. Pengguna dapat menikmati pengendaraan yang aman dan ekonomis
Interval Servis
Interval servis ditentukan berdasarkan jarak yang ditempuh dan jangka waktu sejak servis sebelumnya.
Sebagai contoh : Bila jadwal perawatan untuk part tertentu disebutkan 40.000 km atau 24 bulan, berarti perawatan jatuh pada salah satu kondisi tersebut.
Jadwal Perawatan
Jadwal Perawatan harus sering dilakukan jika kendaraan digunakan pada kondisi berikut :
1. Jalan yang kasar atau berlumpur
2. Jalan yang sangat berdebu
3. Jalan dengan salju mencair

Cek Umur Spare Parts Motor Matik

Variasi Motor - Pada umumnya motor matik yang sudah di gunakan selama 2 atau 3 tahun, harus siap-siap untuk dana untuk mengganti beberapa spareparts yang wajib diganti.
 
Namun apabila pemakaian motor dengan baik dan servis rutin, penggantian komponen bisa lebih lama lagi. Idealnya motor harus d servis secara rutin minimal dua bulan sekali.

Untuk motor matik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, seperti komponen CVT yaitu belt yang punya masa pakai tertentu. CVT terbuat dari bahan campuran rubber, sehingga apabila dipakai terus menerus terjadi keausan yang berakibat pada daya cengkram terhadap puli melemah dan timbul gejala slip. V belt ini harus diganti setiap 20-25 km dan harus dilakukan pengecekan atau servis setiap 10 ribu km.

Saringan udara harus dilakukan juga pengecekan, apabila kotor akan membuat kinerja motor tidak bagus dan campuran bahan bakar tidak optimal. Saringan udara matik berbeda dengan motor bebek. Matik menggunakan filter kertas yang menggunakan cairan khusus viskos yang berguna untuk menangkap dan menempelkan partikel halus yang dihisap.

Oli mesin harus diperhatikan. Gantilah oli mesin setiap 2.000-3.000 km. Telat mengganti oli mesin akan berakibat fatal pada mesin dan mempengaruhi kinerja mesin.

Untuk spare parts motor sebaiknya menggunakan bawaan asli dari pabrikannya motor Anda. Meskipun sedikit mahal tapi kualitas terjaga dan kita puas dengan daya tahannya.