Kenapa angka oktan harus sesuai dengan rasio kompresi mesin? agar tidak terajdi efek KNOCKING atau yang biasa dikenal dengan "ngelitik". RON atau Angka Oktan merepresentasikan ketahanan bahan bakar terhadap kompresi didalam mesin tanpa meledak sendiri. maka mesin dengan rasio kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar dengan Angka Oktan yang tinggi. Informasi ini biasanya tertuang dalam buku manual kendaraan.
Bila mesin berasio kompresi tinggi mendapatkan bahan bakar dengan Angka Oktan yang lebih rendah, akan terjadi tabrakan antara ledakan bahan bakar yang meledak sendiri dan bahan bakar yang dinyalakan oleh busi, sehingga menimbulak bunyi yang dikenal sebagai "ngelitik" Knocking. Efek dari Knocking energi mekanik yang dibangkitkan menjadi tidak optimal, mesin menjadi lebih cepat panas dan pada kasus yang lebih ekstrim bisa membuat piston menjadi rusak hingga berlubang
Dampak Knocking
Untuk itu pastikan anda menggunakan bahan bakar dengan Angka Oktan yang tepat, mesin yg memiliki rasio kompresi 9:1 s/d 10:1 membutuhkan bahan bakar beroktan 92 atau sesuai dengan angka oktan Pertamax, Sedangkan Pertamax Plus yang memiliki nilai oktan 95 sangat cocok digunakan pada mesin berkompresi 10:1 s/d 11:1.
Namun Pertamax dan Pertamax Plus bukan sekedar oktan tingg tetapi juga memiliki kelebihan yaitu telah dilengkapi dengan aditif bahan bakar yang mempunyai fungsi:
Detergensi: menjaga intake valve dan ruang bakar tetap bersih agar performa mesin selalu berada dalam kondisi terbaik
Corrosion Inhibitor: Menjaga tangki, saluran bahan bakar dari karat
Demulsifier: untuk mencegah pembentukan emulsi bahan bakar dan air yang dapat menyumbat filter bahan bakar
Hasilnya Pertamax yang dilengkapi Aditif dapat membuat mesin tetap bersih dan performa kendaraan terasa seperti baru kembali, juga memperpanjang umur mesin, menghasilkan suara mesin yang halus dan tidak menggelitik serta menurunkan emisi gas buang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar