Mengingat pentingnya arti karburator bagi mesin khususnya sepeda motor saya tadi searching akhirnya saya dapat ini.
qoute:
Setting Karburator menurut Keihin, Mikuni & G. Bell
Posted on July 8, 2007 by andryans
Hmmmm rata-rata pada saat kita service karburator di bengkel setelan
angin (air screw) dicari dengan patokan teriakan mesin tertinggi, bahkan
di geber sampe putaran gas FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang
memang beda menerapkannya tapi tujuannya sama adalah mencari settingan
yang pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting airscrew (IDLE) & PJ khususnya.
Carb Tuning Keihin 1:
sumber: keihin
Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan PJ tidak
berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan PJ di
isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya
Keihin PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya
MJ berfungsi.
Carb Tuning Keihin 2:
Carb Tuning Keihin 3 (Graham Bell):
A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, setting airscrew di setting pada
saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Untuk memastikan settingan
sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI. Jika Merah bata berati
passs & motorpun menghasilkan performa maksimal & IRIT !!!
Semoga bermamfaat. diambil dari berbagai sumber: keihin, mikuni & buku2 tuning motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar