Minggu, 29 April 2012

Ritual Beli Karburator Keihin PE28 Seken, Cek Part Numbernya!

OTOMOTIFNET - Tak hanya jurus ganti sistem pengapian dari standar ke racing, yang dilakukan mekanik motor buat upgrade performa.
“Buat kuda besi yang mesinnya sudah dibore-up, butuh suplai bahan bakar yang lebih banyak. Makanya, dibutuhkan karburator berventuri lebih besar,” urai Joko Sutopo, mekanik bengkel Sinergi Motor di Depok, Jabar.

Salah satu tipe karburator yang banyak diusulkan pemakaianannya oleh mekanik adalah Keihin PE28 (gbr.1). Selain memang gampang didapat, pakai PE28 gampang jeting-nya.
“Pasalnya pilot dan main jetnya gampang didapat dan bila kemahalan beli orisinal, bisa melirik PE28 non orisinalnya,” urai mekanik yang banyak terima order upgrade performa motor balap dan harian ini.

Tertarik? Dengan kondisi banyak yang pakai, maka untuk mendapatkan karburator PE28 tergolong gampang. Bisa beli baru di toko-toko aksesori racing atau seken. “Buat yang rencananya beli seken, jangan asal beli saja. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan,” kata Joko yang memperkirakan harga bekas non orisinal karburator ini di kisaran Rp 350-400 ribu.

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Gbr 5
Pertama-tama pastikan fungsi dan kondisi fisik setelan angin dan gas bekerja dengan benar (gbr.2). Besutan bakalan susah langsam, bila bagian ini bermasalah. Selanjutnya cek lubang venturi (gbr.3), usahakan dapat yang standar dan belum direamer.

Bila sudah kelar cek and ricek bagian luar, selanjutnya tengok bangian dalam. Di sini yang perlu diperhatikan adalah kondisi skep (gbr.4). Bila sudah baret, maka bisa memicu naik turunnya skep enggak lancar.

Selanjutnya bagian rumah pilot dan main jet (gbr.5). Biasanya gonta-ganti part ukuran part tersebut, membuat ulir bautnya jadi dol. “Selain bagian rumah pilot dan main jet, perhatikan juga kondisi jarum pelampung. Bila bagian ini bermasalah maka akibatnya karburator sering banjir,” terang mekanik yang jago bikin noken as racing ini.

Paling bontot yang perlu diperhatikan buat menebus PE28 seken adalah melihat kondisi fisik part numbernya. Pastikan angka-angka part number karburator tersebut tercetak rapi. Bila kode-kode cetakannya sedikit kasar, maka PE28 yang ada di tangan Anda bisa jadi KW2. Bagian ini tentu menentukan harga jual.

Tidak ada komentar: