Awas ketika odometer mulai menginjak 60 ribu Km, rantai camrat mulai
bikin ulah. Karena aus bagian pin bushingnya, kemudian menyebabkan
tegangan camrat kendor. Saat berkendara jadi berisik, lantaran suara
mesin tak bisa halus. Meskipun sudah dilengkapi dengan tensioner model
automatis, tetap saja kemlitik.
Sebab, push rod tensioner sendiri memiliki limit batas tekanan ke
karet tensioner untuk menstabilkan tegangan rantai camrat. Tapi sekarang
entar dulu jangan keburu mengganti rantai camrat ? sebab Peno
mekaniknya bengkel Seruling Motosport di kawasan Dukuh Kupang XX,
Surabaya memiliki trik spesial buat pemilik Jupiter-Z. Lumayan,
itung-itung untuk mengirit biaya maintenance.
Caranya mudah,
pertama bongkar tensioner dari dudukannya. Kemudian ujung push rod
tensioner tambahkan dengan mur baja (kunci 12) dan satukan dengan las
listrik. “Cara ini dilakukan untuk memperpanjang tonjokan puh rod ke
karet tensioner,” terang Peno.
Dan untuk karet tensionernya,
ganti milik Crypton atau Vega lama yang masih 100 cc. Secara desain
karet tensionernya sama, hanya saja di bagian tapak pijakan push rod
lebih nonjol. Sehingga efektif menstabilkan tegangan rantai camrat,
ketika ditekan push rod.
Untuk karet tensioner milik Crypton
kode nya 4ST. “Cara ini sesuai dengan prakteknya, bisa memperpanjang
umur camrat hingga 4 tahun lagi, ”yakin mekanik yang juga mahir mengorek
motor road race ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar