Senin, 16 Januari 2012

Busi…ternyata penting euy…!!!

Busi merupakan salah satu part yang dipasang diatas cylinder pada ruang pembakaran internal (internal combustion chamber) dan berfungsi untuk melakukan pengapian terhadap campuran bensin dan udara yang telah dimampatkan oleh piston. Hak paten atas busi ini diberikan pada tahun 1898 kepada Nikola Tesla, Richard Simms dan Robert Bosch. Oke.. teruz…??? Kok dibilang penting… yup karena eh karena… kondisi busi bisa mempengaruhi mesin elo awet atau nggak… malah bisa rusak parah… Gampangnya gini… setelah elo jalan-jalan dengan motor elo… elo kudu liat kondisi busi elo (yah tentu dibuka busi nya… :P

Jika warna businya coklat (lihat gambar dibawah), maka tandanya pengapian sempurna.. settingan karbu bener.. dan pemilihan busi juga bener… Jika warna businya hitam, maka tandanya terlalu banyak bensin yang masuk atau businya terlalu cold (cold plug). Jika warna businya putih, maka tandanya terlalu sedikit campuran bensin dan udara atau salah timing pengapian atau businya telalu panas (hot plug).

Sebuah busi bekerja pada temperatur antara 752 – 1652 derajat Fahrenheit. Jika busi nya tipe panas, maka pengapian akan dilakukan pada timing yang salah dan ini akan berdampak pada terbentuknya lubang di piston. Jadi serius khan bro… :P kalau salah settingan… Sebaliknya jika terlalu dingin, maka pembakaran nggak sempurna, dan lama-lama busi jadi nggak bekerja… jelek juga khan… (bisa mogok lagi di jalan..)



Untuk membedakan mana yang hot plug, mana yang cold plug. Gampangnya.. hot plug mempunyai center electrode lebih panjang daripada cold plug. Lihat gambar diatas untuk membedakannya. So.. jangan salah pilih dan check lah warna busi anda… :D
note:
Supaya lebih jelas gambar dibawah ini yang warnanya keputihan.. eh putih maksudnya…


Sedangkan yang dibawah ini agak hitam dan basah…



Tidak ada komentar: