Kamis, 12 Januari 2012

TIPS : JANGAN SALAH PILIH OLI !!!... FATAL AKIBATNYA....

Motor  saya yang cocok pakai oli apa ya?, demikian banyak pertanyaan yang dilontarkan pemilik motor.
1.Sebelum memilih oli yang tepat untuk motor anda, sebaiknya kita pelajari arti kode di botol oli
Lihat.. Foto label oil di samping ada kode SAE 10W-30 (multi grade) dan API SERVIS SJ, JASA MB.
SAE 10W-30 artinya multi grade yang mewakili Viskositas atau tingkat kekentalan oil itu sendiri. 10W menunjukkan kekentalan
level 10 pada kondisi winter (musim dingin) dan tingkat kekentalan menjadi 30 pada saat mesin menjadi panas.
Untuk di Indonesia yang beriklim tropis SAE 10 hampir tidak pernah tercapai…jadi untuk iklim tropis sebaiknya
perhatikan  grade yang di atasnya aja….dalam contoh ini 30.
2.API SERVIS SJ,.ini adalah tingkat teknologi oil yang diurutkan dari alpabet..yaitu SG,SH,SJ dan seterusnya SM.
Urutan alphabet ini semakin tinggi maka teknologi yang diterapkan untuk mesin yang lebih canggih teknologinya.
Misalnya untuk mesin motor /mobil sekarang sudah mencapai SM.
3.JASO MA dan MB, Kode ini ditetapkan untuk keperluan 2 jenis mesin motor . JASO MA untuk mesin motor dengan
jenis kopling basah (bebek dan sport) dan JASO MB untuk mesin dengan kopling kering (MATIC).
4.   SYNTETIC adalah Jenis bahan dasar OIL yang merupakan bahan sintetis.
Nah…sudah paham kan…!, sekarang apa yang cocok dengan motor anda ?
Lihat buku servis manual anda ..lihat spek oli yang direkomendasikan oleh pabrik? Klu rekomen SAE 20W50..silakan diikuti aja..jangan pernah pakai yang tidak sesuai rekomendasi…klu masalah merek …monggo…pilih sesuai kepercayaan…karena klu nggak sesuai akan berakibat fatal…apa aja sih?
1.Jika motor rekomendari pakai SAE 10W 30, trus diisi pakai 20W 50, maka akibatnya :
a. Usia mesin akan cepat aus karena sirkulasi oil tidak lancar
b. Mesin akan menjadi cepat panas karena tarikan mesin menjadi berat
c. Bagian yang paling cepat rusak adalah ring piston akan macet dan mesin akan mengeluarkan asep putih…
2. Jika motor rekomen SAE 20W50 , trus diisi pakai 10W30, maka akibatnya:
a. Usia mesin akan cepat aus  terutama di bagian piston ring dan stang piston.
b. Suara mesin menjadi sangat kasar
c. Mesin menjadi sangat panas
 Dibawah ini foto part hasil penelitian BRT... Motor yang seharusnya menggunakan oil SAE10W30... kami isi memakai SAE 20W50...maka hasilnya seperti ini....jangan dicoba ya....smoga tips ini bermanfaat....

Tidak ada komentar: